Selasa, 04 Desember 2012

Tugas KKPI Mengetik Cepat


6. Media Komunikasi dalam Jaringan
Pada setiap komputer yang telah terkoneksi dalam jaringan LAN, WAN, atau MAN berarti komputer tersebut telah siap untuk melakukan komunikasi data antarkomputer atau dapat digunakan intuk berbagi atau sharing perangkat keras. Komputer dalam jaringan terdiri atas beberapa macam perangkat lunak atau software, antara lain;
A.    a.  E-mail (Surat Elektronik)
E-mail adalah singkatan dari elektronik mail. E-mail dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi surat-menyurat elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas layanan yang diberikan internet kepada pengguna untuk mengirim atau menerima surat tanpa menggunakan tinta maupun kertas. Kalian dapat mengirim e-mail apabila memiliki alamat a-mail dan mengerti alamat e-mail orang yang akan dikirimi dengan menggunakan internet dengan memanfaatkan jaringan komputer.
b. chat
chat dimiliki oleh sistem operasi windows terminal server. Dengan memanfaatkan fasilitas ini kalian dapat berkomunikasi dengan komputer server, client dalam suatu jaringan komputer tertentu.
c. net Meeting
net Meeting digunakan untuk media komunikasi berkirim pesan dan mentransfer file. Untuk memanfaatkan fasilitas komunikasi ini komputer yang akan digunakan terlebuih dahuli harus di cek, apakah sudah terinstal perangkat lunak Net Meeting atau belum. Jika belum maka kalian harus menginstal terlebih dahulu. Net Meeting dapata digunakan untuk jaringan dengan jumlah client kecil atau client dengan jumlah besar.
d. fax modem
laat ini berfungsi mengirimkan data melalui mesin modem fax yang terdapat di dalam jaringan. Dengan peralatanm ini kalian dapat mengirimkan data ke mesin fax server. Sebuah fax modem dapat melayani seluruh jaringan yangb ada.
e. net send
net send dapata kalian gunakan untuk berkomunikasi dengan berkitrim pesan antarkomputer dalam jaringaqn. Penggunaan fasilitas ini hanya dapat dugunakan pada jaringan yang jumlah clentnya kecil, seperti jatingan LAN.
7. memutuskan koneeksi saat proses pematian (shutting down) PC
Apabila kalian bekerja pada jaringan dan akan mengakhiri kerja kalian, maka perlu ke luar dari jaringan secara prosedral sehingga pengguna lain dalam jaringan yang sedang bekerja dengan komputer kalian tidak akan terganggu. Prosedurnya sebagai berikut:
a.       Memerikasa pengguna PC lain di jaringan yang sedang mengakses sember daya bersama pada PC kaian.
b.      B. memberitah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar